Minggu, 23 Januari 2011

BUMI

Proses terjadinya bumiS
Bumi adalah salah satu planet matahari. Jarak bummi ke mathari yang terjatuh adalah 152,5 juta km dan yang terdekat 147,5 juta km. secara umum sifat-sifat bumi sebagai benda langit meliputi: bentuknya bulat, bukan sumber cahaya sejati,berotasi dari barat ke timur, berevolusi mengelilingi matahari yang bentuk lintasannya elips dengan eksntrisitas 1/60, lama revolusi 365 hari, lama rotasi 24 jam. Disamping rotasi bumi juga berevolusi artinya berputar mengelilingi matahari. Adanya perubahan musim, adanya hari – hari panjang dan hari-hari pendek, beda lihat atau peralak bintang, revolusi bumi. Ketika berevolusi atmosfer ikut.
Beberapa teori tentang pembentukan bumi:
a) Teori kabut
bahwa matahari dan planet – planet bersal dari kabut yang pijar dan berputar yang terdapat dijagad raya. Karena putaranya, beberapa bagian kabut tersebut terpisah dan tetap berputar mengelilingi bagian utamanya. Karena proses pendinginan kabut-kabut tersebut. Membeku bagian utamnya menjadi matahri dan pecahannya menjadi planet dan satelit. Teori ini dikemukakan oleh Immanuel kant dan pire simon de laplace
b) Teori proto planet
pada dasarnya teori ini sama dengan teori kabut. Perbedaannya hanyalah pada gumpalan kabut yang secara evolusi memadat itu dinamai proto planet. Teori ini dikemukakan oleh von weizssaecher dan GP kuiper.
c) Teori pasang surut
Bahwa pada masa lampau, lewatlah sebuah bintang raksasa ke dekat matahari, sehingga di matahari terjadi peristiwa pasang. Seperti peristiwa pasang naik air laut di bumi saat ini. Bersamaan dengan menjauhnya bintang tersebut dari matahari, maka bagian yang pasang pada matahari makin memanjang dan pada gilirinnya bagian ini terlepas dari matahari. Bagian yang terlepas ini terputus-putus menjadi tetesan raksasa di jagad raya, jadilah matahari dan planet-planetnya.

Lebih lanjut tentang: Bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar